TERPOPULER

loading...

Wednesday 15 March 2017

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DI PT. INDOSAT TRANSFER AUTOMATIC ENERGY BAB 5

BAB V
PENUTUP
5.1              Kesimpulan
Setelah melakukan dan menyusun laporan praktek kerja industri dapat di simpulkan bahwa praktek kerja industri sangatlah penting untuk pengetahuan siswa mengenai dunia usaha atau dunia industri .Selain itu praktek kerja industri sangat berperan penting untuk menambah pengalaman dalam lingkungan kerja yang akan menjadi bekal suatu hari nanti dimana siswa tersebut menempati dunia usaha ataupun dunia kerja.
Dan prakerin juga bertujuan mendidik jiwa para siswa supaya belajar mandiri dan berdisiplin dalam dunia industri serta dapat merasakan sendiri bagaimana dunia industri itu di era globalisasi yang penuh persaingan ini.
Berdasarkan laporan diatas dapat disimpulkan bahwa:
1.                  Pendidikan system ganda (PSG) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematik dan sinkron terhadap pendidikan sekolah dan program penguasaan keahlian, yang diperoleh melalui kegiatan langsung di dunia kerja secara terarah untuk mencapai satu tingkat keahlian profesional itu,sehingga tercapai keterpaduan kerja sama antara dunia sekolah dan dunia industri.
2.                  Pada waktu pelaksanaan praktek kita dituntut supaya berhati-hati dan bekerja keras dengan mengikuti petunjuk kerja yang ada dengan interupsi yang telah di berikan pembimbing di industri.
Didalam melakukan praktek kita harus saling mengutamakan sesama rekan dan sesama teman dalam setiap hal,diantaranya dalam penggunaan alat keselamatan kerja,ini dilakukan untuk menghindari sekecil mungkin kecelakaan dan kesalahan besar di saat melaksanakan praktek.

Serta dapat di simpulkan pula berdasarkan teori bahwa:
1.            Automatic Transfer Energy yaitu proses dimana perpindahan tegangan dari sumber tegangan utama PLN ke sumber cadangan dari Genset.
2.            Panel Seleksi Genset PLN (PSGP)
Panel ini merupakan panel yang menentukan pemilihan sumber catuan yang disalurkan ke beban.
Panel ini menerima daya dari dua sumber, yaitu terdiri dari:
sumber daya utama (normal), berasal dari main CB atau bussbar PLN. Dan sumber daya cadangan (emergency), yang berasal dari Outgoing Genset. Catuan cadangan akan mengisi beban bila catuan utama atau salah satu phasa hilang.
3.            catuan utama yaitu sumber yang langsung berasal dari PLN.
4.            Catuan cadangan yaitu sumber yang berasal dari Diesel Engine Generator Set (Genset).
5.            Apabila sumber catuan utama PLN hilang, maka rangkaian OUVR akan aktif. Rangkaian OUVR ini memutuskan PUP (Panel Utama PLN) dan akan memberikan komando kepada PSGP untuk menstart Genset.
6.            Apabila tegangan PLN kembali normal, rangkaian OUVR akan mengomandokan PUP untuk tertutup dan timer pada OUVR akan bekerja untuk mengomandokan Genset melalui PSGP untuk Colling Down selama 240 detik sebelum mati.

5.2              Saran-Saran
Sebelumnya penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah membantu penulis baik dalam bimbingan dalam melaksanakan prakerin maupun dalam bimbingan pembuatan laporan prakerin.
Selain kepada pihak sekolah, penulis juga mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak industri yang teleh mengizinkan dan membimbing kami melaksanakan kegiatan prakerin di PT. INDOSAT, Indosat Training And Converency Center).
Penulis sangat berharap besar bahwa saran ini dapat di tanggapi oleh pihak industri maupun pihak sekolah.

5.2.1        Saran untuk Pihak Sekolah
Berikut adalah saran penulis dan mudah-mudahan bisa di perhatikan dan menjadi suatu bahan masukan dalam rangka menjalin kerja sama dengan pihak industri.
a.             Selama melaksanakan prakerin sebaiknya pihak sekolah memonitoring siswa seefektif mungkin sehingga dapat menjalin kerja sama yang baik dengan pihak industri.
b.            Kami mohon kepada pihak sekolah apabila siswa-siswi akan melaksanakan prakerin, sudah jauh-jauh hari untuk menempatkan tempat prakerin, sehingga apabila sudah waktunya untuk melaksanakan prakerin, tidak kebingungan dan keterlambatan waktu.
c.             Untuk pelaksanaan atau petugas hubin seharusnya tidak merangkap dalam tugasnya, karena jika rangkap seperti hubin yang diambil dari seorang guru, akan mengakibatkan terbengkalainya salah satu tugas.


5.2.2        Saran untuk pihak indutri
Adapun saran yang penulis sampaikan kepada pihak industri dimana penulis melaksanakan praktek selama 3 bulan adalah sebagai berikut:
a.             Selama melaksanakan prakerin sebaiknya para siswa diberikan tugas yang sesuai dengan program keahliannya supaya dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang program keahliannya.
b.            Selama prakerin hendaknya para siswa diberikan materi-materi baru tidak hanya memberikan bimbingan dalam bentuk pratek kerja saja.
Sekian saran dari penulis diharapkan saran yang ditulis ini menjadi bahan pertimbangan di kemudian hari untuk terus meningkatkan kualitas ke arah yang lebih baik dari kedua pihak.

No comments:

Post a Comment

ADNOW