TERPOPULER

loading...

Wednesday 15 March 2017

LAPORAN KERJA PRAKTEK LAPANGAN INDUSTRI MEKANIKAL DAN ELEKTRIKAL PADA GEDUNG BERTINGKAT / INSTALASI LISTRIK BAB 1

LAPORAN KERJA PRAKTEK PADA
P.T.  WIJAYA ENGINDO NUSA ( WEN )
OLEH        :

            NAMA  :   DIMAS ALVINDRA ADIPATI NOEGRAHA
            NIM      :   0952 05 0003
NAMA  :   RADITYA DORI REVANOSKY
            NIM      :  0952 05 0005
Menyetujui,
FAKULTAS TEKNIK UKI                        PT. W E N
PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO              PROJECT MANAGER
KOORDINATOR,

( Ir. Robinson Purba, MT )                      ( Hari Jatmiko )
Mengetahui,
FAKULTAS TEKNIK UKI
PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO

( Ir. Bambang Widodo, MT )
Ketua

Kata Pengantar

    Puji syukur dipanjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya, maka Penulisan Laporan Kerja Praktek pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Kristen Indonesia sudah bisa diselesaikan. Laporan ini disusun berdasarkan pada Kurikulum yang ada di Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Kristen Indonesia.

    Penulisan Laporan Kerja Praktek ini disusun sebagai penuntun dan pegangan, baik untuk mahasiswa, dosen maupun pengelola Jurusan. Laporan ini memuat ketentuan-ketentuan umum tentang tata cara penyusunan dan penulisan laporan kerja praktek yang harus ditaati oleh semua mahasiswa dilingkungan Jurusan Teknik Elektro Universitas Kristen Indonesia.

    Kami berharap agar Dosen Pembimbing, Ketua Jurusan, dan mahasiswa mengetahui, memahami, dan mentaati semua peraturan dan ketentuan yang tercantum dalam buku panduan. Bilamana ada ketentuan maupun format laporan yang kiranya kurang layak mohon disampaikan kepada mahasiswa kerja praktek, sehingga dapat ditindaklanjuti untuk penyempurnaan Laporan ini.

    Semoga dengan diselesaikannya Laporan Kerja Praktek ini, pelaksanaan kegiatan program dapat dilaksanakan lebih lancar dan mantap untuk mencapai visi, misi, dan tujuan pendidikan Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Kristen Indonesia.
Daftar Isi

BAB I

PENDAHULUAN


I-1    Latar Belakang
    Perusahaan atau instansi baik swasta maupun pemerintah merupakan dunia kerja nyata yang akan dihadapi oleh mahasiswa kelak setelah mereka menyelesaikan studinya dari suatu jenjang pendidikan tinggi. Bertitik tolak dari kondisi tersebut maka suatu lembaga penyelengara pendidikan tinggi perlu memberikan suatu kesempatan kepada para mahasiswanya untuk mengenal lebih dekat dengan dunia kerja nyata tersebut dengan terjun langsung ke lapangan melalui kerja praktek.

    Pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UKI, mata kuliah Kerja Praktek ditawarkan pada semester tujuh. Setiap mahasiswa yang akan mengikuti Kerja Praktek harus memiliki kesiapan materi atau pengetahuan yang cukup tentang topik yang akan diambil. Oleh karena itu, setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah kerja praktek minimal jumlah SKS mata kuliah yang telah ditempuh oleh setiap mahasiswa adalah 100 SKS ( 2 SKS untuk matakuliah Kerja Praktek). Setelah selesai melaksanakan kerja praktek, mahasiswa diharuskan menyusun laporan yang didiskusikan dengan pembimbing lapangan dan pembimbing di Jurusan.

    Laporan Kerja Praktek sebagai karya akademik mahasiswa disusun dalam format yang berlaku pada Jurusan, yang menunjukkan proses berpikir, penalaran, kegiatan kerja praktek, dan hasil kerja praktek. Meskipun dosen pembimbing mempunyai kebebasan akademik, demi kelancaran, efisiensi, dan produktivitas proses belajar mengajar, perlu disusun suatu pedoman umum dalam penulisan laporan. Laporan ini dapat dipakai sebagai pedoman oleh mahasiswa selanjutnya di Jurusan Teknik Elektro dalam penulisan Laporan Kerja Praktek.
I-2    Tujuan

Adapun tujuan Praktek Kerja Lapangan ini adalah :
  1. Untuk menyelesaikan perkuliahan semester ini, dimana Praktek Kerja Lapangan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa sebelum mengambil Tugas Akhir.
  2. Untuk menerapkan dan membandingkan teori-teori yang didapatkan di bangku kuliah pada praktek dilapangan yang sebenarnya. Sehingga diharapkan adanya input balik kepada lembaga pendidikan (Perguruan Tinggi) sebagai barometer untuk pengembangan selanjutnya.
  3. Mengembangkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa melalui penerapan latihan kerja dan pengamatan teknik-teknik yang diterapkan dilapangan dalam bidang keahliannya.
  4. Mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat dan dunia kerja.
  5. Menghasilkan lulusan yang terampil dan relefan dengan pembangunan untuk memecahkan permasalahan yang kompleks dalam dunia kerja secara sistematis.

I-3    Ruang Lingkup Pembahasan
Mengingat waktu yang tersedia dalam Praktek Kerja Lapangan (PKL) Penulis/pelaksana praktek kerja lapangan membatasi permasalahan maupun penyusunannya lebih difokuskan pada  “MEKANIKAL DAN ELEKTRIKAL PADA GEDUNG BERTINGKAT” dengan tujuan agar tidak terlalu luas permasalahannya dan agar memperoleh hasil yang memuaskan sesuai dengan harapan.






I-4    Sistematika Penulisan
          Ruang lingkup pembahasan terdiri dari bab-bab yang disusun dari empat bab seperti yang terurai sebagai berikut :
  • BAB I. PENDAHULUAN
Pada bab ini meliputi latar belakang permasalahan, batasan masalah, tujuan kerja praktek, ruang lingkup pembahasan dan sistematika penulisan.
  • BAB II. URAIAN UMUM PT. WIJAYA ENGINDO NUSA.
Menguraikan secara singkat mengenai sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan, lingkup perusahaan dan struktur organisasi perusahaan.
  • BAB III. MEKANIKAL DAN ELEKTRIKAL PADA GEDUNG BERTINGKAT
Menjelaskan tentang  secara umum tahap – tahap melakukan instalasi listrik seperti yang di dapat pada materi perkuliahan serta mengetahui  secara nyata peralatan kelistrikan yang digunakan.
  • BAB IV. PENUTUP
Kesimpulan

No comments:

Post a Comment

ADNOW