TERPOPULER

loading...

Wednesday 15 March 2017

LAPORAN KERJA PRAKTEK LAPANGAN INDUSTRI MEKANIKAL DAN ELEKTRIKAL PADA GEDUNG BERTINGKAT / INSTALASI LISTRIK BAB 2


BAB II

PROFIL PERUSAHAAN


II-1.    Sejarah Perusahaan


    PT. Wijaya Engindo Nusa ( WEN ), datang dengan tujuan utama untuk memenuhi pesatnya pembangunan infrastruktur untuk memenuhi tantangan konstruksi teknologi di negara ini.

    Didirikan pada tahun 1986, berawal dari sebuah perusahaan perbaikan kecil yang telah memperluas cakupan bisnis kedalam sebuah pelayanan singkat. WEN memulai keterlibatannya di dalam konstruksi bangunan dan pabrik yang di ikuti oleh pengerjaan dalam minyak dan gas. Selama pengembangannya WEN memulai proyek berukuran kecil yang mempunyai kejelasan menerjemahkan kekuatan didalam melakukan ketepatan akurasi di proyek yang lebih besar. Kesuksesan didalam menyelesaikan pekerjaan kelistrikan dan instrumental untuk Bontang LNG – F terbukti tidak diragukan dalam kapasitas kemampuannya.

    Setelah empat tahun beroperasi dalam berbagai proyek konstruksi, WEN saat ini saat ini mengkhususkan diri dalam pekerjaan mekanikal dan elektrikal untuk bangunan dan pekerjaan elektrikal dan isntrumentasi untuk pembangkit/pabrik.Kewajibannya mencakup selama rekayasa dan konstruksi dan instalasi.
    Menyadari tren baru serta menyadari peran penting yang dimainkan oleh computer dalam jangkauan yang sangat luas dari tuntutan manajemen saat ini.

    Terbukti dari terampilnya manejer,insinyur dan pengawas bersama-sama dengan pengalaman yang sudah terbukti,WEN kini sepenuhnya siap dan benar-benar waspada untuk menghadapi era globalisasi.
    Visi dari WEN sendiri adalah menjadi kelas atas dalam pikiran pelanggan kami dalam menciptakan lingkungan kerja yang diselesaikan dengan baik dan efektif terutama dalam konstruksi yang kreatif responsif terhadap tren global.

    WEN sendiri berkat kualitas serta konsistensinya dalam pekerjaan di bidangnya telah membuktikan bahwa Kualitas Sistem Managemennya telah mendapatkan Sertifikat Standar Internasional  ISO 9001-2000 dan HSES Performance Recognition dalam keselataman kerja.


II-2    Bidang Usaha


    Seperti dijelaskan di atas WEN berkerja dalam konstruksi gedung maupun pabrik yang mencakup seperti instalasi kelistrikan,instrumentasi dan mekanikal baik dalam Low Voltage atau High Voltage. Dibawah ini akan dijelaskan cakupan usaha yang menjadi lingkup kerja oleh PT. WEN.


  • Pekerjaan Listrik dan Instrumentasi
    Dengan hampir dua puluh tahun pengalaman dan basis pelanggan yang luas serta jaringan di seluruh dunia WEN mampu membawa solusi terbaik dan teknologi dalam setiap proyek. Pengetahuan WEN tentang kondisi lokal, peraturan dan persyaratan ditambah dengan hasil intern sistem berkembang dalam solusi kreatif.

    Kemampuan kita mencakup semua kontrol dan instrumentasi kalibrasi, instalansi kompas, pemeriksaan loop serta instalansi yang dapat diprogram kompleks logika dan digital kontrol aplikasi.
Hal ini mencakup :
a.  Instalasi H/V (High Voltage) / Tegangan Tinggi :
    - Pekerjaan Gardu
    - Instalasi Kabel Rak
    - Listrik dan Instalasi Kabel Kontrol
    - Pemutusan Tegangan Tinggi ( Pengaman )

b.  Instalasi L/V (Low Voltage) / Tegangan Menengah – Rendah
    - Pencahayaan (Lampu) , Fire Alarm, Telekomunikasi dan Penangkal Petir
    - Sistem Pentanahan (Grounding)
    - Pengaman Katodik
    - Instalasi DCS
    - Pemutusan Tegangan ( Pengaman )

c.  Intalasi Instrumen
    - Bidang instrument kalibrasi dan instalasi
    - Instalasi Kabel Tray
    - Bidang Kabel dan Pemasangan Kabel Utama
    - Air Supply, Piping dan Sistem Pipa
    - Pengecetan dan Panel Instalasi
    - Kalibrasi dan Pemeriksaan Loop

  • Pekerjaan Mekanikal dan Instalasi Elektrikal Gedung
    Layanan WEN di daerah ini adalah instalasi tegangan tinggi , instalasi tegangan menengah – rendah, termasuk instalasi sistem proteksi petir, deteksi kebakaran dan sistem pengaman, untuk membantu klien menjaga orang, aset fisik dan untuk menjaga kontinuitas operasi.
    WEN juga menginstalasi system telepon dan suara, otomatisasi gedung,serta sistem CCTV.

Pengerjaan di bidang ini meliputi :
a. Pengerjaan Elektrikal/Listrik
    -  Instalasi Tegangan Tinggi
    -  Instalasi Tegangan Menengah – Rendah
    -  Proteksi Petir

b. Pekerjaan Elektronik
    -  Sistem Telepon
    -  Sistem Suara
    -  Sistem Fire Alarm
    -  CCTV
    -  Sistem Komunikasi Data

c. Pekerjaan Mekanikal
    -  Air Conditioning
    -  Pemadam Api;dll

  • Pekerjaan Ventilasi Udara dan Pendingin Ruangan
        WEN juga mengerjakan pekerjaan konstruksi untuk Ruang Kontrol, Ducting Installation, Infrastruktur bagunan, sistem pendingin ruangan/ventilasi ruangan.

PT WEN sendiri telah mengikuti dan menyelesaikan proyek BUMN mau pun pihak Swasta, seperti Instalasi Tegangan Tinggi gedung Mabes Polri, Jakarta; Gedung IKPT-Jakarta; dan di bidang Minyak dan Gas pada Proyek Petrokimia di Tuban.

WEN telah memiliki kerjasama dengan beberapa pihak atau yang biasa di sebut Clients seperti Adhi Karya; Astra Isuzu; Pertamina dan masih banyak yang lainnya.

No comments:

Post a Comment

ADNOW